Profil

SEKILAS TENTANG SOBOGENTING VBT

Sobogenting VBT adalah suatu brand wilayah yang menegaskan sebuah keinginan untuk menjadikan daerah Villa Bukit Tidar sebagai destinasi wisata edukasi yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Terletak di dalam dua wilayah administratif yang berbeda, yaitu Kelurahan merjosari, kecamatan Lowokwaru dan kelurahan karangbesuki Kecamatan Sukun. Daerah ini dahulunya bernama kampung genting, suatu daerah yang dikenal oleh masyarakatnya pada saat itu sebagai kampung udik yang kekurangan air, berada di atas bukit tertinggi di kota Malang.

Terletak di Perumahan Villa Bukit Tidar yang berada di garis perbatasan antara Kota Malang dengan kabupaten Malang. Sisi Barat dan utara berbatasan dengan Kecamatan Dau, kabupaten Malang. Sisi selatan berbatasan dengan kelurahan karangbesuki Kecamatan Sukun sementara Sisi Timur adalah wilayah administratif kelurahan merjosari kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

SobogentingVBT bermula dari pandemi covid 19 yang bagi warga vbt dirubah menjadi sebuah keberkahan. Tempat tanggal 2 Maret 2020 kasus positif covid 19 di Indonesia pertama kali terdeteksi yang menyebabkan an Indonesia bersiap bahkan “Lockdown” beberapa apa aktivitasnya. Peristiwa ini memicu beberapa tokoh masyarakat untuk melakukan langkah-langkah pengamanan kesehatan untuk masyarakatnya. Pada tanggal 21 Maret 2020 tim Santri pesantren mahasiswa tanwir Al Afkar yang diasuh oleh Akhmad muwafik saleh, dosen ilmu komunikasi FISIP Universitas Brawijaya bersama warga vbt melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di rumah-rumah warga. Pada tanggal 1 April dibentuklah tim Satgas covid 19 tas di Perumahan Villa Bukit Tidar yang kemudian di SK kan oleh ketua RW 11 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan melibatkan semua ketua RT dan tokoh masyarakat lainnya. Selain melakukan langkah-langkah pengamanan Kesehatan melalui penyemprotan disinfektan juga melakukan upaya penanganan dampak sosial pandemi covid 19 yaitu dengan mengadakan program jaring pengaman sosial berupa pembagian sembako dan voucher belanja kepada 120 warga terdampak yang tahap pertamanya dimulai pada tanggal 11 April 2020 yang untuk selanjutnya dilakukan pembagian sembako dan voucher setiap minggu hingga bulan Agustus 2020.

Untuk membangkitkan ekonomi masyarakat atas dampak pandemi covid 19 ini maka tim Satgas meluncurkan program baru berupa pembentukan pasar online bagi warga vbt dalam satu gerakan belanja di warung Tetangga. Program ini ternyata mampu membangkitkan geliat ekonomi warga selama pandemi berlangsung. Kemudian gerakan masif yang dilakukan oleh warga ini ternyata terbaca oleh pemerintah daerah sehingga pada tanggal 14 Juni dibentuklah Kampung tangguh dan dan mampu menjadi juara dua tingkat kota sebagai Kampung tangguh terbaik karena mampu menghadirkan partisipasi warga dan melindungi masyarakat dari dampak pandemi covid 19 dalam berbagai aspeknya.

Upaya untuk terus mengembangkan dan memberdayakan masyarakat ini ternyata terus menggelora pada tim ini. sehingga pada tanggal 21 Juni 2020 disepakati lah 1 program kebersamaan warga dengan Spirit mewujudkan konsep seduluran saklawase dengan nama Sobo Genting VBT. Yang intinya adalah mengajak orang lain dari luar vbt untuk datang belajar bersama ke vbt tentang bagaimana aktifkan warga untuk ikut membangun partisipasi bersama dalam mengelola daerahnya dengan memanfaatkan potensi lahan sempit serta potensi personal dari masing-masing warga yang telah teridentifikasi untuk dijadikan pusat pembelajaran bersama bagi masyarakat.

Konsep sobogenting VBT ini adalah menjadikan VBT sebagai pusat pembelajaran bersama masyarakat (Community Learning Center) melalui berbagai event warga seperti petani berupa pasar panen hasil pertanian keluarga sekitar vbt yang dibersamai oleh produk warga vbt, Kampung jadul berupa kegiatan tahunan event budaya masyarakat, Pasar Minggu warga yang dilaksanakan setiap pekannya untuk meng-offline-kan produk warga yang ada di pasar online vbt. Ada pula Mall warga apa pusat kuliner dan pembelanjaan an-najah 80% produk warga serta pusat-pusat pembelajaran berbasis potensi warga berupa pelatihan-pelatihan yang diadakan di vbt.

Sobogenting VBT menawarkan kepada para pengunjung untuk datang dan belanja produk-produk khas warga serta hasil panen warga VBT yang berkonsep Urban farming serta belajar tentang manajemen kampung, manajemen pasar, marketing online dan pemberdayaan masyarakat. Demikian pula menawarkan konsep keliling vbt untuk mengunjungi lahan-lahan pertanian dan jelajah Tani yang ada di sekitar VBT. Konsep ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga vbt melalui transaksi yang terjadi serta membuka peluang-peluang usaha baru dengan nilai tambah bagi kesejahteraan bersama warga.

Untuk mewujudkan misi ini telah dibentuk berbagai infrastruktur yang bersifat digital guna pengenalan dan pemasaran sobo Genting VBT ini melalui berbagai aplikasi digital dan media sosial antara lain IG, FB, WA group, s.id/pasarvbt (untuk aplikasi pasar), serta web resmi yaitu www.sobogentingvbt.com

SOBO GENTING VBT itu apa siiich…..??

Ini adalah program kebersamaan warga, wujud seduluran sak lawase yang bernama “Sobo Genting VBT”, Yaitu intinya mengajak orang lain luar VBT untuk datang ke VBT.

Ada apa di VBT ..?? . Nanti disana ada :

  1. Pesta Tani, pasar panen hasil pertanian warga sekitar VBT yang nantinya dibersamai oleh produk warga VBT.
  2. Kampung Jadul , berdasar kan kalender event dan momentum peristiwa.
  3. Pasar Minggu warga, setiap pekan sekali meng-offline-kan produk warga.
  4. Mall Warga, pusat perbelanjaan offline yang diisi oleh 80% produk warga.
  5. Yuk Belajar di VBT, semua kegiatan pelatihan diadakan di vbt.

Apa yang akan dilakukan oleh orang luar saat datang di vbt :

  1. Datang dan belanja di VBT
  2. Menginap di VBT dan Menikmati sajian event nya serta belajar di VBT.
  3. Belajar apa di VBT..? Belajar manajemen kampung, manajemen pasar, belajar online marketing, belajar pengembangan diri …dll
  4. Saat mereka belajar, mereka akan mendapatkan cerita sukses, ilmu, motivasi dan soevenir khas Sobo Genting VBT, dan…… semua itu ada paket nya yg berbiaya…..
  5. Keliling VBT, bersepeda ala vbt, jelajah tani.

Apa siich tujuan semua ini..?

Tujuannya agar “Semua warga VBT sejahtera bersama sehingga terwujud konsep seduluan sak lawase”.


Apakah sulit mewujudkannya…???

TIDAAAAK…‼, Asalkan : semua bisa saling dukung, semua saling membantu, semua mengerahkan berkontribusi berdasarkan kemampuannya masing-masing, semua kompak dan saling peduli.

In syaa Allah terwujud… dengan izin Allah


Apa Keuntungan bagi warga VBT..??

  1. Banyak transaksi yg akan dilakukan di vbt
  2. Pengunjung nanti akan membeli produk / dagangan warga yang ada pasar online atau offline
  3. Bisa buka usaha penginapan
  4. Ada banyak nilai tambah bagi warga VBT.

KEPUTUSAN KETUA RW XI KELURAHAN MERJOSARI

TENTANG
PENUNJUKAN TIM SATUAN TUGAS KAMPUNG TANGGUH
DALAM RANGKA MENGHADAPI PANDEMI COVID-19
PERUM VILA BUKIT TIDAR RW XI KELURAHAN MERJOSARI
KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG
TAHUN 2020

Menimbang:

Memperhatikan perkembangan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kota Malang serta sebagai upaya meningkatkan semangat gotong royong di lingkungan masyarakat untuk mewujudkan ketangguhan di bidang logistik, sumber daya manusia (SDM), informasi, kesehatan, keamanan dan ketertiban, budaya, dan psikologis. Maka perlu dibentuk Tim Satuan Tugas Kampung Tangguh Perumahan Vila Bukit Tidar tahun 2020 (Tim Satgas Kampung Tangguh VBT).

Mengingat :

a. Surat Walikota No. 338.973/35.73.133/2020, tanggal 30 Maret 2020 perihal Larangan Warga Kota Malang Bekerja di Daerah Zona Merah.
b. Pandemi Covid-19 sulit diprediksi kapan berakhir, membuat pemerintah dan aparat memiliki keterbatasan dalam mengatasi permasalahan yang ada.
c. Hasil musyawarah warga RW XI, Blok BC dan Blok E tanggal 1 April 2020 di rumah Bapak Akhmad Muwafik Saleh, Blok A4/286, RW XI Kelurahan Merjosari.
d. Hasil musyawarah Tim Satgas Covid1-19 VBT, pada tanggal 6 Juni 2020 di Balai Pertemuan Blok BC RW IX Kelurahan Karangbesuki.

MEMUTUSKAN:

Menetapkan:

Tim Satuan Tugas Kampung Tangguh VBT yang merupakan pengembangan dari Tim Satgas Covid-19 VBT yang sudah terbentuk sebelumnya. Adapun tugas Tim Satuan Tugas Kampung Tangguh VBT adalah membantu tugas pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan Perumahan Vila Bukit Tidar Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Serta meningkatkan upaya gotong royong di lingkungan masyarakat untuk mewujudkan ketangguhan di bidang logistik, sumber daya manusia (SDM), informasi, kesehatan, keamanan dan ketertiban, budaya, dan psikologis.

SUSUNAN TIM SATUAN TUGAS KAMPUNG TANGGUH
PERUM VILA BUKIT TIDAR RW XI KELURAHAN MERJOSARI
KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG
TAHUN 2020

Penasehat : Dr. Hasan Busri, M.Pd (Ketua Takmir Masjid Nurul Jihad)
Ir. Zainul Arifin, MP (Dosen UNISMA)
Penanggung Jawab : Yudi Purwanto (Ketua RW XI Kel. Merjosari)

Ketua Tim : Akhmad Muwafik Saleh (Blok A4)
Sekretaris I : Anjang Pranata (Blok E3)
Sekretaris II : Sukiman (RT 06)
Bendahara : Iswanto (RT 05)

A. Bidang Jaring Pengaman Sosial
Koordinator: Djoko sumantri
Anggota :

  1. Munir (RT. 02)
  2. Ayen (RT 02)
  3. Sudarsono (RT 05)
  4. Tutus (RT.07)
  5. Aris setiawan (RT. 16)

B. Bidang Keamanan
Koordinator: Kostriaji (RT.06)
Anggota :

  1. Handjiono (RT.08)
  2. Zamroni (RT.09)
  3. Agung Yosep (RT.06)
  4. Slamet (RT.05)
  5. Heriantoko (RT.08)

C. Bidang Kesehatan
Koordinator : dr. Danang (Blok B2)
Anggota :

  1. Nurchamid
  2. Andre (Blok B2)
  3. Ika Setyo Rini (Blok B)
  4. Puji

D. Bidang Informasi
Koordinator: Agus Sutrisno (Blok B2)
Anggota :

  1. Agus Hermawan (RT.11)
  2. Bagus Royyan (E3)
  3. Dio (C1)
  4. Fajar (B2)

E. Bidang Pengembangan Budaya
Koordinator: Martono (RT.06)
Anggota :

  1. Ari Subakat (RT.04)
  2. Hariadi (RT.12)
  3. Abdul Basith (RT.03)
  4. Musthofa Habib (RT.12)

F. Bidang Psikologi Masyarakat
Koordinator: Doni Kurniawan (RT.13)
Anggota :

  1. Ngatiman (RT.03)
  2. Maharani Chandra (RT. 13)
  3. Samsul (RT.05)
  4. Andik Dwi Muttaqin (E2)

G. Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Koordinator: Adi Bordir (Blok BC)
Anggota :

  1. Sugeng (BloK B)
  2. Hardian (RT.03)
  3. Hisam Farid (RT. 16)
  4. Mistar (Blok B)

H. Bidang Pengembangan SDM
Koordinator: Iqbal Nurriza (Blok E2)
Anggota :

  1. Fairuz (RT.06)
  2. Chalid Mawardi
  3. Andrianto (RT.07)
  4. Khairul Anamz
  5. Imam Ghozali (RT.01)