Dalam rangka pengembangan program jejaring sosial untuk warga maka kami menginisiasi terbentuknya pasar online warga dengan satu tujuan agar kegiatan ekonomi warga tetap berputar dan keuangan cukup berputar dikalangan warga vbt sendiri. Sehingga harapannya mereka bisa bangkit dan sejahtera bersama. Setelah sekian lama diterpa oleh wabah covid ini. Bulan April kita mulai dalam bentuknya memberdayakan pilot project di 20 toko warga dalam bentuk voucher belanja gratis untuk warga terdampak covid.

Sebelumnya kami di tim satgas covid-19 VBT telah membuat  program jaring pengaman sosial yang salah satu programnya adalah memberikan bantuan sembako kepada warga secara rutin setiap minggu sekali dan alhamdulillah bisa berjalan Insyaallah hingga selama 4 bulan bahkan lebih Insya Allah. Selain bantuan sembako kami juga memberikan voucher belanja senilai Rp25.000 per warga terdampak sebanyak 120 warga.

Untuk itu kami mencoba untuk memulai mengidentifikasi potensi ekonomi yang dimiliki oleh warga yaitu siapa saja yang memiliki usaha apapun jenisnya. Kemudian terdentifikasi ada hampir 100 pedagang dari berbagai macam klasifikasi produk yang dimiliki oleh warga sendiri. Yaitu dari kalangan UMKM atau pedagang kecil dari warga yang tidak sedikit dari mereka yang membuka usaha setelah di PHK dari pekerjaannya atau mereka yang terdampak covid. Berbagai produk yang ada di warga dianggap sudah cukup memenuhi kebutuhan keseharian dari warga. Intinya adalah kami memfasilitasi melalui pasar ini untuk memenuhi kebutuhan warga, dari warga dan untuk warga. Kami membuatnya dalam bentuk grup WA WhatsApp khusus untuk internal warga vbt saja.

Alhamdulillah dalam dua pekan respon masyarakat sangat sangat positif, dan beberapa hari yang lalu juga telah di adakan pelatihan online tentang Google bisnis untuk mengembangkan usaha warga.

 Harapan saya kedepannya warga vbt secara optimal menjadikan pasar online warga ini sebagai satu-satunya tempat transaksi di dalam memenuhi kebutuhan mereka keseharian, sehingga tidak perlu lagi datang ke mall atau minimarket lainnya cukup di sesama warung warga saja sehingga dapat membangun kesejahteraan bersama. Harapan kami juga ke depan ada aplikasi belanja online khusus untuk warga di VBT. Semoga harapannya ada banyak kalangan yanb bersedia terlibat membantu mengembangkan pasar warga ini, agar ekonomi warga dapat bangkit di tengah pandemi ini. Oleh : Akhmad Muwafik Saleh

%d bloggers like this: